Kulon Progo Kembangkan Destinasi Wisata Baru di Kokap

Senin, 14 Agustus 2017 14:04:05 - Oleh : https://kabarkota.com/kulon-progo-kembangkan-destinasi-wisata-baru-kokap/

wisata Gunung Agung,Plampang 1,Kalirejo

Malam penutupan Rangkaian HUT ke 72 RI di pendopo Kecamatan Kokap

2 Kunci Sukses Marquez Juara MotoGP San Marino

Kata Bijak hari ini, 11 September 2017

Sosialisasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman RI Perwakilan DIY

Wisata Alam Kalibiru Kokap Kulonprogo [RCTI Jogja]

KULON PROGO (kabarkota.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo akan kembali mengembangkan obyek wisata alam baru di wilayah Kokap, sebagai destinasi wisata baru Kulon Progo.

Adalah Gunung Agung yang masuk wilayah Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, dengan luasan sekitar 1.295,96 hektar, sebagian besar wilayahnya merupakan perbukitan diwarnai hamparan luas pohon-pohon pegunungan yang tampak hijau dan sejuk.

Menurut Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, kondisi alam yang indah di wilayah tersebut bisa menjadi modal bagi Pemerintah Kecamatan Kokap, khususnya Desa Kalirejo untuk mengembangkannya menjadi objek wisata alam. Hanya saja, untuk pengembangan objek wisata Gunung Agung ini membutuhkan anggaran yang cukup besar, karena masih perlu memperbaiki sarana dan prasarana jalan yang menuju lokasi wisata. Apalagi kondisi jalannya saat ini masih belum maksimal, masih banyak jalan yang berlubang dan aspalnya rusak.

"Tetapi jalan di Kalirejo sudah 80 persen bagus, hanya sekitar 20 persen yang membutuhkan perbaikan" terang Hasto seperti dikutip laman Pemkab Kulon Progo.

Karenanya, lanjut Hasto, pada tahun 2017 mendatang, pihaknya akan mengalokasikan anggaran untuk Desa Kalirejo sebesar Rp 2,2 Milyar - Rp 2,3 Milyar. Salah satunya, untuk perbaikan jalan dan sarana penunjang objek wisata tersebut. Meskipun, anggaran untuk Desa Kalirejo sudah tertinggi diantara desa lainnya di kecamatan Kokap, yakni sebasar lebih dari Rp 7 Milyar pada tahun 2015.

Sementara, Kepala Desa Kalirejo, Lana juga mengaku, pihaknya telah mengusulkan anggaran untuk perbaikan jalan di wilayah tersebut ke musrenbang di tingkat kecamatan. Mengingat, kondisi jalan terjal yang menghubungkan antara gunung hijau dan Gunung Agung masih belum baik.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak